Loyalitas pelanggan suatu jasa dapat diukur melalui empat perilaku pembelian konsumen, yaitu: melakukan pembelian berulang, pembelian antarlini produk, pemberian rekomendasi ke orang lain, dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan pesaing (Griffin terjemahan Dwi Kartini Yahya, 2003).
Untuk mendapatkan pelanggan yang puas dan loyal diperlukan tahap pengembangan pelanggan melalui proses pengembangan pelanggan (customer development process) mulai dari First time customer, Repeat Customer, Client, Advocad, sampai dengan Partners. Proses tersebut diharapkan perusahaan mampu mendapatkan pelanggan yang puas sekaligus loyal dan dapat memelihara pelanggannya (Griffin : 2002, Nigel Hill: 1995, Kotler and Keller: 2006).
Untuk mendapatkan pelanggan yang puas dan loyal diperlukan tahap pengembangan pelanggan melalui proses pengembangan pelanggan (customer development process) mulai dari First time customer, Repeat Customer, Client, Advocad, sampai dengan Partners. Proses tersebut diharapkan perusahaan mampu mendapatkan pelanggan yang puas sekaligus loyal dan dapat memelihara pelanggannya (Griffin : 2002, Nigel Hill: 1995, Kotler and Keller: 2006).
Hasil penelitian selengkapnya, hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si* (Peneliti, Customer Satisfaction and Loyalty Trainer, Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis) *
e-mail : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
* Profil lengkap, lihat (click) di sini
Related Posting :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar