Selasa, 19 Oktober 2010

ANALISIS KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PUSAT KEBUGARAN "GARUT FITNES CENTRE & BODY BUILDING"

Oleh : Yuli Nuryulianti & Kanaidi, SE., M.Si *

2007
(Dipublikasikan pada ProMark : Jurnal Bisnis dan Pemasaran, Vol. 1 No.1 Juni 2010, hal 21-38)

ABSTRAKSI
Garut Fitnes Centre & Body Building adalah perusahaan yang sudah berdiri selama belasan tahun. Garut Fitnes Centre & Body Building merupakan perusahaan jasa yang menyediakan sarana olah raga, yang salah satunya adalah tempat fitnes beserta instruktur yang profesional. Garut Fitnes Centre & Body Building pun menyediakan secara khusus privat bagi para konsumen yang ingin mendalami olahraga fitnes dan Garut Fitnes Centre & Body Building ini sudah banyak memunculkan atlet-atlet binaragawan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan di tempat kebugaran Garut Fitnes Centre & Body Building. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah anggota Pusat Kebugaran Garut Fitnes Centre & Body Building. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Design Cross Sectional. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, studi lapangan, diantaranya wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 37 anggota aktif dan 100 anggota tidak aktif.

Tingkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan di Garut Fitnes Centre & Body Building, secara kumulatif dapat dikatakan baik. Hal ini ditunjukkan oleh setiap indikator dari kepercayaan pelanggan berupa bukti langsung Benevolence, Credibility, Commitment, dan loyalitas yang mendapat tanggapan baik dari para anggotanya.

Pusat Kebugaran Garut Fitnes Centre & Body Building dipandang perlu untuk meningkatkan kualitas SDMnya dan menyediakan suatu sarana pada para anggota agar dapat memberikan umpan balik kepada perusahaan, seperti kotak saran atau angket. Perusahaan disarankan untuk mempertahankan bahkan lebih meningkatkan lagi tingkat kepercayaan anggotanya dan membuat anggota puas atau berusaha agar anggota yang selama ini menganggap Pusat Kebugaran Garut Fitnes Centre & Body Building biasa-biasa saja berubah menjadi puas, serta anggota yang awalnya puas meningkat menjadi sangat puas.

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id


Butuh Artikel/Jurnal Lainnya?, click di:
E-Learning POLTEKPOS click di http://vl.poltekpos.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar