DI KOPERASI SIMPAN PINJAM WAHANA MITRA KENCANA CABANG CIMAHI
Oleh : Moch. Arridea Viri Parsimonia
ABSTRAK
Customer Relationship Management (CRM) memiliki hubungan yang erat dengan loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini terdapat masalah bagaimana pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah Koperasi Wahana Mitra Kencana cabang Cimahi.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara customer relationship management dengan loyalitas nasabah, pengaruh customer relationship management dengan loyalitas nasabah, dan dimensi dari customer relationship management yang bepengaruh paling dominan terhadap loyalitas nasabah Koperasi Wahana Mitra Kencana cabang Cimahi.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan nasabah Koperasi Wahana Mitra Kencana cabang Cimahi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non-probability sampling. Tenik korelasi dan regresi untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah.
Dapat disimpulkan dari hasi penelitian ini mengenai hubungan antara customer relationship management dengan loyalitas nasabah bersifat rendah (0,37), terdapat pengaruh antara customer relationship managemen terhadap loyalitas nasabah sebesar 19% sedangkan, sisanya yaitu 81%% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, dan dimensi manusia yang paling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Koperasi Wahana Mitra Kencana cabang Cimahi.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Loyalitas
Artikel/Hasil Penelitian lengkap, hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Jln. Sariasih No.54 Bandung 40151 - Indonesia
Telp (022) 2009570 atau HP. 0812 2353 284
e-mail : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
Butuh Jurnal/Artikel lainnya?. click di :
- Jurnal Business & Marketing
- Jurnal Manajemen Sdm
- Daftar-Judul-Hasil-PENELITIAN-Relevan
- Jurnal Kualitas Jasa (Servqual)
Jurnal Loyalitas Pelanggan (Loyalty)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar